Flash banner

Jumat, 09 Maret 2012

Endemik


Contoh Hewan Langka dan Tumbuhan Langka di Indonesia
Indonesia memiliki beraneka ragam hewan langka dan tumbuhan langka. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Hewan Langka
  • Jalak bali merupakan jenis burung yang berbulu indah, sehingga sering diburu oleh manusia untuk dijadikan hewan peliharaan ataupun dijual. Selain itu, faktor lain yang menyebabkan berkurangnya populasi burung ini adalah habitatnya yang semakin sempit akibat penebangan hutan.
  • Komodo hanya terdapat di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Keberadaan hewan ini semakin sedikit sehingga komodo ditetapkan sebagai hewan langka.
  • Cendrawasih merupakan burung yang hidup di Papua. Ciri khasnya adalah memiliki bulu yang berwarna warni. Menurunnya populasi burung cendrawasih disebabkan oleh ulah manusia yang sering menebang hutan serta lamanya masa reproduksi hewan ini.

Tumbuhan Langka
  • Tumbuhan pakis ekor monyet. Dinamakan pakis ekor monyet karena bentuknya yang mirip dengan ekor monyet dan memiliki bulu. Budi dayanya yang sulit menyebabkan tumbuhan ini menjadi langka.
  • Pohon cendana merupakan tumbuhan yang mengeluarkan bau wangi pada batang dan akarnya. Tumbuhan ini termasuk tumbuhan berkayu yang dapat digunakan sebagai bahan dasar sabun dan parfum. Selain itu kayu pohon cendana juga bisa dijadikan bahan untuk hiasan karena tekstur kayunya yang halus. Pohon ini banyak terdapat di daerah Nusa Tenggara Timur (NTT).
  • Bunga raflesia atau yang memiliki nama Latin Raflesia Arnoldi merupakan tumbuhan yang hidup di daerah Bengkulu. Bunga ini berukuran cukup besar yaitu dengan diameternya mencapai satu meter.

    Di Indonesia, bunga raflesia juga dikenal dengan bunga bangkai karena mengeluarkan bau busuk yang bertujuan untuk menarik
    serangga serta untuk membantu proses penyerbukan.

    Saat ini jumlah bunga raflesia terus menurun akibat pengrusakan habitatnya oleh manusia, seperti pembukaan lahan hutan untuk pemukiman,
    pertanian, perkebunan, maupun pertambangan.
  • Edelweis Anaphalis Javanica merupakan tumbuhan yang terdapat di gunung dan sangat terkenal karena bentuknya yang indah serta awet. Saat ini edelweis termasuk tumbuhan yang langka karena banyak diambil oleh tangan-tangan yang tak bertanggung jawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar