Flash banner

Jumat, 23 Maret 2012

Seleksi CPNS


  • Sampai saat ini menjadi Pegawai Negeri Sipil masih menjadi primadona masyarakat Indonesia terutama bagi mereka yang berasal dari kalangan menengah ke bawah itu terbukti dari berjubelnya pera pendaftar ketika pendaftaran calon CPNS dibuka, beribu - ribu orang rela antri untuk bisa mendapatkan formulir tes seleksi CPNS walaupun formasi yang disediakan sangat terbatas, pemandangan semacam ini hampir merata di seluruh kota dan kabupaten di Indonesia yang membuka tes seleksi CPNS . Di Indonesia untuk bisa menjadi Pegawai Negeri Sipil ada beberapa jalur antara lain:
    1. lewat jalur honor sebagai tanaga sukarelawan ( sukwan ) untuk masuk PNS lewat jalur ini tidak mudah selain anda harus punya kenalan yang bisa memasukkan anda sebagai tenaga honorer di suatu instansi tertentu anda pun harus ekstra sabar untuk bisa masuk sebagai CPNS selain harus sabar anda juga harus punya lobi yang kuat kalau anda tergolong orang biasa-biasa aja anda mungkin akanmengalami nasib sebagai tenaga honorer 10 sampai 20 tahun jikapun anda sampai diangkat jadi PNS itu bukan karena kerja anda yang bagus melainkan karena pemerintah merasa kasihan pada anda ( menghargai kegigihan anda).
    2. lewat jalur tenaga kontrak, sama halnya lewat jalur honor, lewat jalur kontrakpun anda harus punya orang kuat yang bisa mempengaruhi Panitia Penerimaan Tenaga Kontrak di suatu instansi agar anda bisa direkrut sebagai tenaga kontrak, walaupun istilahnya sebagai tenaga kontrak tapi di Indonesia tenaga kontrak ini biasanya setelah bebrapa kali penandatangan ulang sebagai tenaga kontrak akan diangkat menjadi PNS, sebagi contoh Guru Bantu Sekolah (GBS) sekarang semuanya telah menjadi PNS.
    3. lewat jalur Ikatan Dinas yang diadakan oleh beberapa Instansi Pemerintah, jalur ikatan dinas ini ada yang murni lewat hasil seleksi yang ketat seperti Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), ada juga ikatan dinas yang berbau kkn contoh Akademi Pemerintahan Dalam Negeri ( APDN), pada masa lalu anda jangan pernah mimpi masuk APDN jika anda tidak punya saudara yang punya jabatan tinggi di pemerintahan.
    4. lewat jalur umum, untuk masuk PNS lewat jalur ini anda harus mengikuti seleksi, biasanya pendaftarannya diumumkan lewat mediamassa jadi jalur umum ini sifatnya terbuka, karena diumumkan dan terbuka maka peminatnya sangat-sangat membludak akibatnya persaingan menjadi sangat ketat, walaupunterkadang ada juga yang tingkat persaingannya sangat rendah bahkan nyaris tidak bersaing biasanya untunk formasi yang membutuhkan keahlian atau jurusan yang langka.

  • Bila anda termasuk orankebanyakan yang tidak punya kenalan orang kuat, maka lewat jalur umumlah satu-satunya harapan anda untuk bisa menjadi CPN walaupun sebetulnya terkadang pada jalur umumpun masih suka ditemukan kecurangan alias KKN walaupun persentasenya kecil.

    Bagaimana caranya agar anda bisa lulus seleksi CPNS lewat jalur umum? di bawah ini ada beberapa tips yang harus anda lakukan:
    1. siapkan selalu mental anda untuk siap bertempur setiap saat, artinya anda harus selalu mengulang-ngulang materi pelajaran mulai dari bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, pelajaran kewarganegaraan, sejarah, matematika dasar ( deret ukur, deret aritmetika , deret non aritmetika)
    2. selalu mengasah kemampuan berpikir logis (logika berpikir yang runtut materinya banyak terdapat di toko buku).
    3. banyaklah membaca suratkabar dan majalah agar pengetahuan umum anda semakin luas
    4. banyaklah nonton acara dari para motivator, seperti Mario Teguh dan yang lainnya gunanya bilamana anda mendapatkan pertanyaan yang sifatnya mengambil kebijakan atas suatu masalah anda tidak repot menjawabnya
    5. tumbuhkan sikap positif, camkan dalam hati anda bahwa pemerintah sedang mencari calon pegawai negeri yang paling berkualitas, jadi jika anda paling berkualitas anda pasti lolos.
    6. jangan merasa sudah pintar , hebat, sempurna, tapi menjadilah orang yang merasa belum pintar, belum hebat, belum sempurna karena itu anda berusaha untuk menjadi lebih pintar, hebat, dan sempurna,
    7. jangan sungkan bertanya pada PNS yang masuknya lewat jalur murni
    8. bahan-bahan perlengkapan administrasi jauh-jauh hari sudah disiapkan seperti KTP, SKCK, Ijazah legalisir, fasfoto, kalau ditunda-tunda anda akan repot sendiri perhatian anda menjadi tidak fokus
    9. mulai H-3 jangan lagi anda buka-buka buku karena jika anda buka buku anda akan bingung sendiri
    10. pada menjelang tes jangan banyak berkomuynikasi dengan sesama peserta, karena jika anda banyak berkomunikasi mental dan fokus pikiran anda akan terganggu
    11. jika tes dilakukan dalam beberapa sesi pada setiap jeda atau istirahat jangan ngobrol dengan orang lain
    12. bersikap tenang, jangan anda buka dulu formulir lembar jawaban ujian (LJU) dan naskah soal tapi tenangkan diri anda terlebih dahulu, tarik nafas dalam-dalam keluarkan secara pelan- pelan, setelah mental siap mulailah anda mengisi biodata secara tenang, teliti lagi siapa tahu anda membuat kesalahan pengisian data diri, jika salah fatal akibatnya.
    13. bacalah soal secara tenang, jika soalnya bersifat kepribadian resapi soal tersebut dan bayangkan anda berada dalam kaqsus tersebut
    14. tandailah pada LJU jawaban yang anda anggap tepat dengan memberikan titik ,jangan dihitamkam dulu
    15. setelah semua soal anda jawab baca sekali lagi soalnya, dan cek kembali jawabannya
    16. jika sudah anda anggap ok, mulailah dengan menghitamkan setiap item dengan rilek jangan sampai keluar lingkaran, karena bila sampai keluar lingkaran jawaban betulpun akan menjadi nol nilainya
    17. sebelum berangkat minta restu dulu dari ibu, ayah, saudara, istri , suami dan anak
    18. terakhir minta dberikan pikiran yang jernih serta jiwa yang tenang saat ujian. selamat mencoba

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar